Inilah Makanan Khas Maluku Yang Enak dan Populer

Makanan Khas Maluku - Satu kawasan pada Indonesia yang menjadi destinasi kawasan wisata bagi wisatawan baik yg dari dari indonesia atau yang asal berasal mancanegara adalah Maluku. Akan tetapi tidak banyak orang yg memahami Bila Maluku ternyata tidak hanya tempat pariwisatanya saja yg menarik buat di kunjungi, akan tetapi di Maluku jua ada banyak sekali makanan spesial maluku yang tidak kalah enaknya, tak kalah dengan makanan spesial pada daerah lainnya.

Kuliner khas maluku ini memang tak relatif pada kenal pada Indonesia, akan tetapi anda wajib  tahu Bila ternyata kuliner khas maluku ini sudah sangat pada kenal oleh rakyat internasional yang tentu saja ini ialah sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat maluku dan  seluruh warga  indonesia.

Kali ini kita akan membahas kuliner khas yang terdapat pada maluku, sudah selayaknya maluku memiliki aneka ragam kuliner khas, sebab pada lihat berasal sejarah maluku merupakan daerah yg populer sampai internasional, Inilah Makanan Khas Maluku Yang Enak dan Populer.

8 Makanan Khas Maluku Yang Terkenal Enaknya

 

1. Gohu Ikan khas Maluku

Gohu Ikan khas Maluku ini adalah kuliner spesial yang berbahan dasar dari ikan tuna mentah. Umumnya orang menyebutnya menjadi sashimi Ternate. Menggunakan cara pembuatan daging tuna segar dipotong kecil-kecil, dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan  perasan lemon, selanjutnya dicampur menggunakan rajangan kasar daun balakama (kemangi). Selanjutnya bawang merah dan  cabe rawit, lalu ditumis dengan minyak kelapa. Minyak kelapa panas menggunakan bawang merah serta cabai rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah, diikuti menggunakan taburan kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar.

2. Kopi Sibu-sibu

Mungkin hidangan hidangan maluku yang akan kita bahas sesaat lagi bukan merupakan sebuah makanan, akan tetapi minuman yg terkenal menggunakan nama Kopi Sibu-sibu. Minuman spesial   maluku yang satu ini artinya sebuah jenis kopi robusta yang di proses menggunakan cara tradisional sinkron dengan sejarah minuman Kopi Sibu-sibu ini di Maluku sana dan  buat proses penghalusannya jua memakai proses yg tradisional.

Rasa berasal minuman spesial   maluku ini sangat enak, hal ini di karenakan Kopi Sibu-sibu ini di dalamnya terdapat adonan biji ketapang belia serta serbuk cengkeh yang pada haluskan. Tentu sangat tidak sinkron dengan kebanyakan kopi yg ada pada Pulau Jawa, berasal rasa dan  cara membuatnya sangat berbeda. Jadi tunggu apa lagi Jika anda sedang berkunjung ke Maluku, cita rasanya wajib  buat mencoba minuman spesial   maluku Kopi Sibu-sibu ini.

3. Papeda

kuliner spesial   Maluku satu ini berbahan primer sagu. Sagu yg diambil berasal btg pohonnya lalu dijadikan tepung sagu, baru sesudah menjadi tepung sagu, mampu diolah menjadi papeda. Paling menyantap papeda saat panas bersama dengan kuah kuning, kuah khas Maluku yg terbuat dari olahan ikan Mubara. Pada beberapa wilayah di Indonesia mirip Maluku dan  Papua, sagu bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Kandungan sagu dan  nasi sama yaitu tinggi akan karbohidrat sebagai akibatnya sangat cocok sebagai bahan makanan utama. Cara makannya agak tidak sinkron menggunakan makan nasi, yaitu menggunakan cara diseruput asal piring.

4. Ikan Kuah Pala Banda

jangan lupa buat mencoba kuliner khas maluku yg satu ini, pada kenal menggunakan nama Ikan Kuah Pala Banda, kuliner spesial   maluku yg satu ini ialah kuliner yg asal dari masyarakat kepulauan banda. Yang sangat Istimewa berasal Ikan Kuah Pala Banda ini ialah kuahnya yang sangat enak, hal ini pada karenakan makanan spesial   banda ini kaya menggunakan bumbu rempah yg sudah populer semenjak jaman dulu.

Ikan Kuah Pala Banda ini dulunya bahkan di hidangkan untuk para orang-orang besar  yang datang ke kepulauan banda. Rasa kuah sop yang hadir pada Ikan Kuah Pala Banda ini sangat segar, deretan pedas asam berasal makanan khas maluku ini tiba dari buah pala yg memang sangat populer di sana. Kombinasi berasal Ikan Kuah Pala Banda ini yakni pada sajikan bersama menggunakan ikan kakap merah bakar, sambal bekasang dan  urap daun pepaya.

5. Asida

makanan khas Maluku yang poly tersedia Bila bulan Ramadhan datang, namanya adalah Asida. Asal kuliner spesial   Maluku ini sebenarnya dari Arab menjadi jajanan atau snack di malam hari. Mungkin karena akulturasi antara makanan arab dan  Maluku sehingga jadilah Asida. Bagi masyarakat muslim di Ambon, Asida menjadi sajian paling favorit waktu bulan puasa. Umumnya asida dinikmati menggunakan segelas teh manis ataupun secangkir kopi. Asida menyerupai dodol garut dan  bertekstur elastis  serta cita rasanya cantik.

6. Nasi Lapola

dari dialog poly orang, ternyata makanan spesial   maluku yang satu ini wajib  buat di masukkan dalam daftar makanan spesial maluku yang di bahas dalam situs makanan halomuda.Com. Kuliner yg di kenal dengan nama Nasi Lapola ini merupakan kuliner yang pada buat menggunakan memakai bahan dasar yakni kacang tolo. Kuliner yg satu ini ialah galat satu makanan spesial   maluku terpopuler dan  terkenal.

Cara membuat asal kuliner spesial   maluku yang pada kenal dengan nama Nasi Lapola ini yakni kacang tolo yg pada masak beserta dengan beras, garam serta kelapa parut, sesudah itu kuliner yang satu ini di kocok sampai homogen. Tentu langkah berikutnya adalah memasak makanan Nasi Lapola ini menggunakan cara pada kukus hingga matang serta siap buat pada sajikan pada tengah-tengah pencinta makanan khas maluku.

7. Sambal Colo Colo

Bagi penikmat sambal, pada Ambon Maluku terdapat sambal khas yang biasa disajikan bersama dengan makanan khas Maluku lainnya, nama sambalnya ialah Sambal Colo Colo. Bila sobat menyantap papeda tanpa didampingi menggunakan sambal colo colo akan terasa hambar. Serta tampaknya memang harus bagi masyarakat Maluku menyantap masakan wajib  dengan sambal colo colo. Bagi sobat yg ingin memahami cara membentuk atau resep menghasilkan sambal colo colo, sangat simpel. Siapkan saja bahan-bahannya seperti bawang merah, tomat muda, cabe rawit yang sudah diiris tipis, selanjutnya campurkan seluruh bahan. Sembari mencampurkan, taburkan garam kemudian siram menggunakan perasan jeruk nipis, jadilah sambal colo colonya. Jika ingin menambah cita rasa sambalnya, sobat mampu menambahkan dengan irisan kenari mentah dan  daun kemangi.

8. Bubur Sagu Ubi

Bubur sagu ubi adalah jajanan khas Maluku yang sangat terkenal, telah poly orang mengetahui Bubur Sagu Ubi. Apalagi ketika ini, bubur sagu ubi sudah mengalami modifikasi sehingga memiliki bentuk yg lebih anggun serta rona yang lebih oke. Apalagi dengan semakin populernya penggunaan ubi ungu, bubur sagu ubi pun ikut terpengaruh. Bubur sagu ubi cita rasanya cantik menggunakan santan kental.

Artikel Terkait Lainnya :
makanan khas maluku
makanan khas maluku utara
makanan khas maluku adalah
makanan khas maluku ikan asar
makanan khas maluku tengah
makanan khas maluku yang menarik wisatawan
makanan khas maluku utara dan penjelasannya
makanan khas maluku utara ternate
makanan khas maluku tenggara barat
makanan khas maluku beserta resepnya
makanan khas maluku wikipedia
makanan khas maluku dan resep
makanan khas maluku kohu kohu
makanan khas maluku nasi lapola
makanan khas maluku tenggara
makanan khas maluku papeda
makanan khas maluku ambon
makanan khas maluku dan penjelasannya
makanan khas maluku utara gohu ikan
makanan khas maluku selatan
makanan khas maluku dan cara membuatnya
makanan khas maluku asida
makanan khas adat maluku
apa makanan khas maluku utara
resep makanan khas maluku ikan asar
apa nama makanan khas maluku
makanan khas yang ada di maluku
makanan khas maluku utara adalah
makanan tradisional ambon maluku
makanan khas yang ada di maluku utara
makanan khas maluku barat daya
makanan khas maluku barat
makanan khas banda maluku
makanan khas bengkulu dan maluku
makanan khas maluku colo-colo
cara memasak makanan khas maluku
makanan khas maluku dan cara pembuatannya
makanan ciri khas maluku
contoh makanan khas maluku
cara membuat makanan khas maluku
ciri khas makanan maluku utara
cara pembuatan makanan khas maluku
cara membuat papeda makanan khas maluku
makanan khas daerah maluku dan cara membuatnya
makanan khas maluku dan sunda
makanan khas maluku dan namanya
makanan khas maluku dan bali
makanan khas maluku dan papua
makanan khas maluku di jakarta
makanan khas maluku dari sagu
makanan khas daerah maluku
makan khas daerah maluku
kue khas dari maluku
makanan tradisional di maluku
masakan khas daerah maluku utara
makanan khas maluku utara dan resepnya
kue khas daerah maluku
masakan khas dari maluku
ciri khas makanan dari maluku
embal makanan khas maluku tenggara
embal makanan khas maluku
foto makanan khas maluku
makanan khas maluku gohu ikan
gambar makanan khas daerah maluku
gambar dan nama makanan khas maluku
gambar makanan khas provinsi maluku
resep makanan khas maluku utara gohu ikan
jenis makanan khas maluku
makanan khas kepulauan maluku
makanan khas kota maluku
kumpulan resep makanan khas maluku
makanan kering khas maluku
makanan kecil khas maluku utara
makanan khas maluku makanan khas maluku
menu makanan khas maluku
makalah makanan khas maluku
makanan khas maluku dan maluku utara
makanan-makanan khas maluku
macam makanan khas maluku
makanan dan minuman khas maluku
makanan dan minuman khas maluku utara
macam macam makanan khas maluku utara
makanan khas masyarakat maluku
nama makanan khas maluku
nama makanan khas maluku utara
makanan nabati khas maluku
daftar nama makanan khas maluku
nama makanan khas daerah maluku
nama makanan khas dari maluku
makanan khas orang maluku
olahan makanan khas maluku
makanan khas pulau maluku
makanan khas provinsi maluku
makan khas provinsi maluku
makanan khas dari provinsi maluku
makanan pokok khas maluku utara
makanan penutup khas maluku
resep makanan pokok khas maluku
resep makanan pokok khas maluku utara
makanan khas provinsi maluku utara
makanan khas penduduk maluku
makanan tradisional provinsi maluku utara
makanan pokok khas maluku
makanan pembuka khas maluku
<!----> < >